Sunday, March 22, 2015

Potensi Duckweed sebagai Bahan Pakan Ternak

Duckweed merupakan tumbuhan air dari family Lemnaceae dengan lima genus Lemna, Spirodela, Wolffia, Landoltia dan Wolffiella, adalah tumbuhan yang mampu menghasilkan lebih banyak protein pada luas area yang sama dibandingkan dengan kedelai. Kandungan protein dari duckweed yang sudah dtepungkan mencapai 15-40% dengan kandungan serat yang rendah. Duckweed telah umum digunakan sebagai bahan baku pakan ikan, udang, unggas dan ternak lainnya. Penggunaanya dapat mensubtitusi peran tepung kedelai dalam pakan tanpa mengubah pertumbuhan. Demikian disampaikan Dr. Louis Landesman dari Virginia State University

Duckweed memiliki kemampuan tumbuh yang cepat, hidup dalqm berbagai iklim dan kondisi ekologi, dapat mempurifikasi air limbah, memperbaiki nutrien dalam air serta menjadi pakan alami bagi berbagai spesies aquatik. Hal ini terbukti pada hasil penelitian Departemen Budidaya Perikanan Faperikan IPB,  bahwa pemanfaatan duckweed sebagai bahan baku pakan ikan nila dan lele juga sebagai fitoremediator pada budidaya ikan gurame.

Potensi duckweed yang mampu tumbuh cepat sehingga memudahkan dalam budidaya dan pemanenan yang dapat menjaga sustainabilty ketersediannya, serta perannya sebagai agen recovery air limbah, dapat dijadikan alternatif baru sumber bahan pakan dan diterapkan dalam model integrated farming.

Sumber : pariwaraipb-maret 2015-vol 207.

BERITA-ARTIKEL LAINNYA